Kenapa Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop? Ini Penjelasannya!

Kenapa Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop? Ini Penjelasannya!

TikTok hadir dengan beragam fitur keren yang bikin penggunanya betah berlama-lama di aplikasi ini. Meskipun sempat diblokir di Indonesia, TikTok kini telah menjelma menjadi salah satu platform jejaring sosial paling populer, bersaing dengan Facebook dan Instagram. Di TikTok, kamu bisa menikmati berbagai video menarik yang diunggah oleh pengguna lain, serta mengunggah video kreatifmu sendiri.

Kenapa Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop? Ini Penjelasannya!

Manfaat Menggunakan TikTok untuk Monetisasi

Selain sebagai sarana hiburan, TikTok juga bisa menjadi sumber penghasilan. Kamu bisa mengunggah video yang menarik dan viral, mengumpulkan followers, dan akhirnya memanfaatkan berbagai cara untuk monetisasi. Mulai dari promosi produk, endorsement, hingga menjadi bagian dari program TikTok Affiliate.

Namun, saat ini kita tidak bisa lagi memanfaatkan TikTok Shop untuk berjualan atau berbelanja online. Pemerintah Indonesia telah memberlakukan peraturan baru yang memaksa TikTok menutup layanan TikTok Shop di Indonesia. Mengapa ini bisa terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Tidak Bisa Belanja di TikTok Shop di Indonesia

Peraturan Pemerintah

Pemerintah Indonesia bergerak cepat atas keluhan para pelaku UMKM dan penjual offline yang merasa dirugikan oleh maraknya aktivitas belanja online. Untuk menyejahterakan UMKM, pemerintah memberlakukan peraturan baru yang melarang TikTok Shop beroperasi di Indonesia.

Masalah Izin Operasional

Alasan lainnya adalah perizinan. TikTok awalnya didaftarkan sebagai platform media sosial, bukan marketplace. Karena itu, TikTok Shop yang merupakan layanan marketplace dari TikTok harus ditutup karena tidak memenuhi izin yang diperlukan.

Alternatif Solusi untuk Tetap Belanja di TikTok

Meskipun TikTok Shop telah ditutup di Indonesia, masih ada beberapa cara untuk tetap bisa berbelanja atau berjualan melalui TikTok.

Membuat Akun TikTok di Server Luar Negeri

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat akun TikTok di server luar negeri seperti Malaysia atau Singapura. Dengan cara ini, kamu masih bisa menggunakan TikTok Shop untuk jual beli.

Menggunakan Platform Lain untuk Berbelanja

Kamu juga bisa membeli produk dari penjual di TikTok melalui platform lain. Banyak penjual di TikTok menyediakan opsi untuk memesan produk lewat WhatsApp, marketplace lain, atau DM langsung di TikTok.

Namun, berbelanja di luar TikTok Shop mungkin tidak memberikan pengalaman yang sama. Misalnya, kamu mungkin tidak bisa menikmati voucher diskon dan gratis ongkir yang biasanya ada di TikTok Shop. Proteksi keamanan yang ditawarkan juga mungkin tidak sebaik di TikTok Shop.

Tips Belanja Online di Marketplace Lain

Karena TikTok Shop tidak lagi tersedia, kamu bisa beralih ke marketplace lain seperti Shopee untuk berbelanja online. Shopee dikenal sebagai salah satu marketplace yang paling sering memberikan voucher diskon dan gratis ongkir.

Manfaatkan Voucher Diskon

Sebelum berbelanja, pastikan kamu mengklaim voucher diskon yang diberikan oleh penjual atau pihak Shopee. Dengan begitu, harga produk akan dipotong sesuai dengan voucher yang kamu gunakan, membuat belanja online menjadi lebih hemat.

Belanja di Momen Diskon Besar

Belanja di waktu-waktu tertentu juga bisa memberikan keuntungan lebih. Misalnya, saat ada event diskon besar seperti 10.10, 11.11, 12.12, dan hari-hari spesial lainnya. Pada momen-momen tersebut, beberapa produk bahkan bisa mendapatkan diskon hingga 99%.

Baca juga: Cara Mengatasi Akun TikTok Tiba-Tiba Hilang

Penutup

Itulah penjelasan mengenai alasan kenapa kita tidak bisa belanja di TikTok Shop lagi dan beberapa alternatif solusi yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikannya di akun media sosial pribadimu agar lebih banyak orang yang tahu!

Recommended For You

About the Author: momoyo

“Memiliki pengalaman dalam pengolahan konten di website dan media sosial di salah satu perusahaan startup selama 2 tahun. Dengan daya kreativitas dan keterampilan menulis yang baik, mampu menyusun artikel, iklan, poster, dan pengumuman yang menarik menggunakan keterampilan SEO sehingga dapat meningkatkan traffic ke situs web perusahaan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *