Cara Mengubah Alamat IP HP Android yang Termudah

Cara Mengubah Alamat IP HP Android

Panduan Lengkap Mengubah Alamat IP HP Android dengan Mudah.

Halo teman-teman! Tahukah kalian bahwa setiap perangkat Android yang terhubung ke jaringan internet pasti memiliki alamat IP? Alamat IP ini berupa susunan angka unik yang menjadi identitas HP kalian ketika mengakses internet. Biasanya, alamat IP di HP didapatkan secara otomatis saat HP terhubung ke jaringan, baik itu jaringan dari provider seluler ataupun jaringan WiFi. Nah, melalui alamat IP inilah kita bisa mengontrol HP, bahkan bisa digunakan untuk penyadapan lho.

Buat teman-teman yang masih awam, mungkin masih bingung dan tidak terlalu peduli dengan alamat IP di perangkat smartphone kalian. Yang penting smartphone Android bisa digunakan untuk mengakses berbagai hal dan menjalankan perintah dari kita, benar kan? Tapi, ternyata mengetahui alamat IP atau IP Address itu penting banget buat menjaga keamanan smartphone kita. Kamu bisa melihat alamat IP dari HP Android dengan mudah, salah satunya melalui situs IPSaya.com. Tinggal akses situs tersebut dan langsung terlihat deh detail informasi dari perangkat, termasuk IP Address-nya.

Selain mendapatkan alamat IP secara otomatis, kita juga bisa mengganti alamat IP di HP dengan mudah. Ada beberapa cara yang bahkan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Namun, banyak dari kita yang belum tahu caranya. Biasanya mengubah alamat IP pada HP ini punya berbagai tujuan, salah satunya agar bisa mengakses situs yang terblokir oleh server Indonesia. Yuk, simak cara mengubah alamat IP HP Android yang mudah dan praktis yang bisa kamu terapkan sendiri.

Cara Mengubah Alamat IP HP Android dengan Mudah

Cara Mengubah Alamat IP HP Android dengan Mudah

Ada beberapa metode yang bisa kita lakukan untuk mengubah alamat IP pada HP Android. Tenang saja, cara-cara ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Kamu bisa memilih cara mana yang ingin diterapkan, baik yang menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan.

1. Menggunakan Fitur Mode Pesawat

Cara pertama untuk mengubah alamat IP dari HP Android adalah dengan memanfaatkan Mode Pesawat atau Airplane Mode. Semua perangkat HP Android pasti sudah dibekali dengan fitur ini, baik itu HP keluaran lama maupun yang baru. Fungsinya untuk mengamankan perangkat ketika dibawa masuk ke dalam pesawat saat bepergian.

Nah, di sini kamu bisa mengaktifkan Mode Pesawat untuk mengubah IP Address dari HP Android. Caranya pun sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan HP sudah mengaktifkan data selulernya. Kamu bisa cek alamat IP HP yang saat ini digunakan melalui situs IPSaya.com.
  • Hidupkan Mode Pesawat di HP dengan cara mengusap layar HP dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel. Kemudian ketuk ikon Mode Pesawat atau Airplane mode.
  • Tunggu beberapa saat hingga mode tersebut benar-benar aktif, kemudian matikan lagi Mode Pesawat tersebut dengan cara yang sama.
  • Aktifkan data seluler di HP.
  • Cek lagi alamat IP di HP tersebut melalui IPSaya.com, maka alamat IP dari HP akan langsung berubah.

2. Lakukan Restart HP Android

Cara kedua hampir sama seperti cara di atas, namun di sini kamu akan melakukan restart atau mulai ulang pada HP Android. Cukup tekan dan tahan tombol Power pada HP, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang. Tunggu beberapa saat hingga HP selesai merestart dan menyala kembali.

Dengan cara ini, IP Address dari HP akan berubah secara otomatis ketika dihubungkan ke jaringan internet, baik itu jaringan seluler ataupun WiFi. Positifnya, kinerja HP akan lebih cepat dan responsif setelah dilakukan restart ini.

3. Menggunakan Aplikasi VPN

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi VPN memungkinkan kamu untuk menggunakannya secara gratis, namun ada fitur yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna berbayar.

Penggunaan aplikasi VPN akan mengubah IP Address di HP dengan IP Address samaran. Hal ini memungkinkan untuk mengelabui server jaringan, sehingga situs yang sebelumnya diblokir saat menggunakan server jaringan tersebut sekarang bisa kamu akses dengan mudah. Cara ini sering digunakan oleh banyak orang untuk mengakses situs yang terblokir.

Berikut beberapa aplikasi VPN gratis di Android yang bisa kamu gunakan:

  • Turbo VPN
  • SuperVPN Fast VPN Client
  • ThunderVPN
  • VPN Master
  • TunnelBear VPN
  • Betternet VPN
  • NordVPN: Private & Secure VPN

4. Mengubah IP Address HP Lewat Pengaturan

Cara keempat hanya bisa diterapkan jika HP Androidmu terhubung ke jaringan WiFi. Kamu bisa mengubah alamat IP yang didapat secara otomatis saat HP disambungkan ke jaringan WiFi. Namun, perlu berhati-hati dalam mengubah alamat IP HP karena dapat menyebabkan HP tidak dapat mengakses internet.

Pastikan kamu mengerti risiko dan kegunaan mengubah alamat IP HP saat terhubung ke jaringan WiFi. Berikut langkah-langkah mengubahnya:

  • Pastikan HP Androidmu sudah terhubung ke jaringan WiFi tertentu.
  • Buka menu Pengaturan di HP, lalu masuk ke opsi Koneksi dan pilih opsi Wi-Fi. Atau lebih cepatnya dengan mengusap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel, lalu tekan dan tahan ikon WiFi hingga masuk ke halaman pengaturan WiFi.
  • Pada halaman Pengaturan Wi-Fi, klik ikon Gerigi di sebelah kanan Nama atau SSID WiFi yang terhubung di HP.
  • Akan ditampilkan halaman Detail Informasi WiFi, selanjutnya klik opsi Tingkat Lanjut.
  • Pilih opsi Pengaturan IP, lalu atur ke opsi Statis.
  • Pada bagian Alamat IP, kamu bisa mengubahnya sendiri sesuai keinginan lalu klik Simpan.

Tips Penting Mengubah Alamat IP HP

Mengubah alamat IP HP bukan hal yang sulit, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari masalah. Berikut beberapa tips penting yang bisa membantu kamu dalam proses ini:

1. Pastikan IP yang Dipilih Aman

Pastikan alamat IP yang kamu pilih aman dan tidak digunakan oleh perangkat lain. Penggunaan IP yang sama oleh dua perangkat bisa menyebabkan konflik jaringan.

2. Backup Data Penting

Sebelum melakukan perubahan apapun, lakukan backup data penting di HP kamu. Mengubah alamat IP mungkin tidak menyebabkan kehilangan data, tetapi selalu lebih baik untuk berjaga-jaga.

3. Periksa Koneksi Jaringan

Setelah mengubah alamat IP, pastikan koneksi jaringan tetap stabil dan tidak ada masalah dalam mengakses internet.

4. Gunakan Aplikasi Terpercaya

Jika menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti VPN, pastikan aplikasi tersebut terpercaya dan memiliki ulasan yang baik di Play Store untuk menghindari risiko keamanan.

Baca juga: Cara Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia di HP

Penutup

Nah, itulah beberapa cara mengubah alamat IP HP yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengganti alamat IP di HP Android sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Mengubah alamat IP HP Android dapat membantu kamu mengakses situs yang terblokir atau meningkatkan keamanan perangkat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Recommended For You

About the Author: momoyo

“Memiliki pengalaman dalam pengolahan konten di website dan media sosial di salah satu perusahaan startup selama 2 tahun. Dengan daya kreativitas dan keterampilan menulis yang baik, mampu menyusun artikel, iklan, poster, dan pengumuman yang menarik menggunakan keterampilan SEO sehingga dapat meningkatkan traffic ke situs web perusahaan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *