Cara Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia di HP

Cara Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia

Cara Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia dengan Mudah.

Berbagai hal bisa dilakukan melalui HP Android, tidak lain karena perangkat tersebut sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Aktivitas harian pengguna menjadi jauh lebih mudah dan praktis dengan fitur-fitur tersebut. Beberapa vendor bahkan menambahkan fitur eksklusif yang hanya ada pada perangkat mereka. Hal inilah yang membuat smartphone Android banyak diminati dibandingkan gadget lainnya.

Namun, untuk memaksimalkan fungsi HP Android, kamu harus menghubungkannya ke jaringan internet. Hampir semua fitur membutuhkan koneksi internet. Untuk terhubung ke internet, kita bisa memanfaatkan kartu provider atau menggunakan jaringan WiFi. Jika memilih menggunakan jaringan dari operator/provider, maka kamu perlu mengisi kartu provider tersebut dengan paket kuota internet. Meski begitu, terkadang ada saja masalah yang ditemukan pada sistem jaringan dari HP Android ini.

Kenapa Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia Itu Penting?

Salah satu permasalahan jaringan yang sering dialami pengguna HP Android adalah jaringan yang tidak bisa digunakan karena masih menggunakan konfigurasi jaringan dari luar negeri. Masalah seperti ini biasanya ditemukan pada HP Android yang dibeli secara online dan ternyata HP tersebut bekas dari pengguna luar negeri. Bisa juga karena tipe HP yang dibeli belum dirilis resmi untuk Indonesia, sehingga jaringannya masih menggunakan jaringan luar negeri. Untuk bisa menggunakannya, kamu perlu mengubah jaringan HP ke jaringan Indonesia. Nah, berikut ini adalah cara mengubah jaringan luar negeri ke Indonesia di HP Android yang bisa kamu simak dan terapkan.

Langkah-langkah Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia

Langkah-langkah Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia

HP yang menggunakan konfigurasi jaringan luar negeri biasanya tidak bisa digunakan di Indonesia. Meskipun kamu telah memasang kartu provider lokal, HP tersebut belum bisa mengakses internet. Oleh karena itu, perlu melakukan perubahan jaringan ke Indonesia terlebih dahulu agar bisa digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Daftar IMEI HP Secara Resmi

HP yang dibeli dari luar negeri secara langsung umumnya tidak melewati pemeriksaan bea cukai. Karena itulah, HP semacam ini dibanderol dengan harga yang murah, berbeda dengan seri HP yang sudah beredar secara resmi di Indonesia. Karena hal inilah HP biasanya tidak memiliki IMEI resmi. Jika dibiarkan, sudah pasti HP tersebut akan terdeteksi dan tidak bisa mengakses jaringan internet di Indonesia.

Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu perlu mendaftarkan IMEI ponsel secara resmi. Pendaftarannya sendiri bisa secara online melalui website Bea dan Cukai. Atau jika memang ingin tahu prosedur pendaftarannya lebih detail, kamu bisa datang langsung ke kantor Bea dan Cukai. Jika saat pemeriksaan HP ternyata lolos, maka secara otomatis IMEI HP akan terdaftar dan HP tersebut bisa kamu gunakan untuk mengakses jaringan internet.

2. Menggunakan Jaringan WiFi

HP dengan jaringan luar negeri biasanya tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan operator. Namun, untuk menghubungkan perangkat HP tersebut ke jaringan internet biasanya masih bisa. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan jaringan WiFi ini untuk mengubah jaringan di HP ke Indonesia.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menghubungkan HP tersebut ke jaringan WiFi. Pastikan sudah terhubung, kemudian kamu masukkan kartu SIM ke HP tersebut. Nantinya akan muncul halaman Pengaturan atau Settings kartu SIM. Pada halaman tersebut kamu bisa melakukan pembaruan atau update kartu SIM. Dengan cara ini biasanya HP sudah bisa mengakses jaringan di Indonesia seperti HP pada umumnya.

3. Ubah Jaringan HP ke Mode Jaringan 4G Only

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk membuat HP luar negeri bisa mengakses jaringan di Indonesia adalah dengan mengubah mode jaringannya. Umumnya, HP yang dibeli dari luar negeri ini hanya bisa mengakses jaringan 2G dan 3G saja. Meskipun HP tersebut sudah mendukung atau support dengan jaringan 4G atau bahkan 5G.

Di sini, kamu bisa mengatur mode jaringan di HP tersebut ke jaringan 4G LTE saja. Cara ini biasa dikenal dengan sebutan lock jaringan 4G HP. Untuk cara melakukannya sendiri sangat mudah, yaitu dengan mengetik kode dial ##3646633##. Maka secara otomatis di layar akan ditampilkan pengaturan mode jaringan HP. Selanjutnya, kamu atur saja mode jaringan di HP tersebut ke jaringan 4G LTE.

4. Buka Kunci Sistem HP

Beberapa tipe HP dari brand tertentu ada yang dirilis khusus untuk satu negara tertentu. Mungkin kamu saat ini memilikinya dan tentu saja HP tersebut tidak bisa digunakan di Indonesia karena penggunaannya disetting hanya untuk negara asalnya tersebut. Pada kondisi ini, biasanya sistem dari HP akan dikunci sehingga tidak bisa digunakan di negara lain.

Solusi untuk mengatasinya bisa dengan membuka kunci sistemnya tersebut secara paksa. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan software atau aplikasi pihak ketiga. Ada jenis aplikasi khusus yang fungsinya untuk membuka kunci sistem, tetapi ini tidak gratis untuk digunakan. Kamu bisa mencarinya sendiri di internet, lengkap dengan detail harga dan tutorial penggunaannya.

5. Menggunakan Aplikasi Lain

Hampir sama fungsinya dengan aplikasi di atas, namun kali ini kamu bisa menggunakannya secara gratis. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat jaringan di HP bisa mengakses jaringan di Indonesia. Pasangkan kartu SIM lokal pada HP dan gunakan HP mengakses internet seperti biasa, jika sudah diunlock menggunakan aplikasi pihak ketiga ini.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Z3X yang bisa didownload secara gratis melalui internet. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, siapkan perangkat komputer, kabel data, dan juga software Z3X.
  2. Selanjutnya, install dan jalankan aplikasi Z3X di perangkat komputer tersebut.
  3. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging di perangkat HP Android yang ingin diunlock sistem dan jaringannya.
  4. Sekarang, sambungkan HP ke komputer dengan menggunakan kabel data tadi. Pastikan ponsel tersebut sudah terdeteksi di perangkat komputer.
  5. Lakukan beberapa pengaturan di aplikasi Z3X, kemudian saat muncul opsi Unlock kamu klik pada opsi tersebut.
  6. Dengan demikian, HP sudah berhasil dibuka dan sekarang bisa digunakan untuk mengakses jaringan di Indonesia.

Selain aplikasi Z3X, ada satu lagi rekomendasi aplikasi lain untuk membuka akses jaringan selain dari negara asal dari HP luar negeri. Aplikasi tersebut bernama Octoplus Box yang diklaim bisa mengubah jaringan di HP ke Indonesia. Sayangnya, aplikasi ini hanya berjalan di HP Android yang sudah diroot.

Tips Penting dalam Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia

Mengubah jaringan luar negeri ke Indonesia memang bukan hal yang mudah, namun sangat mungkin untuk dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat. Berikut beberapa tips penting yang bisa membantu kamu dalam proses ini:

1. Pastikan HP Kompatibel

Pastikan HP yang kamu miliki kompatibel dengan jaringan di Indonesia. Beberapa HP mungkin tidak mendukung frekuensi jaringan yang digunakan di Indonesia, sehingga meskipun sudah diubah, tetap tidak bisa digunakan.

2. Backup Data

Sebelum melakukan perubahan apapun pada HP, sangat penting untuk melakukan backup data. Proses mengubah jaringan atau membuka kunci sistem bisa menyebabkan kehilangan data, jadi pastikan semua data penting sudah dibackup.

3. Gunakan Aplikasi Resmi

Gunakan aplikasi resmi dan tepercaya saat mengubah jaringan atau membuka kunci sistem. Hindari menggunakan aplikasi yang tidak dikenal atau yang diunduh dari sumber yang tidak tepercaya, karena ini bisa membahayakan keamanan HP kamu.

4. Konsultasi dengan Ahli

Jika kamu merasa kesulitan atau tidak yakin dengan langkah-langkah yang harus diambil, sebaiknya konsultasikan dengan ahli atau teknisi profesional. Mereka bisa memberikan panduan yang lebih detail dan membantu kamu dalam proses ini.

Penutup

Itulah cara mengubah jaringan luar negeri ke Indonesia di HP Android yang bisa kamu terapkan sendiri. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, HP kamu bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet di Indonesia. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar teman-temanmu juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Mengubah jaringan luar negeri ke Indonesia memang bisa menjadi tantangan, namun dengan pengetahuan dan alat yang tepat, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Recommended For You

About the Author: momoyo

“Memiliki pengalaman dalam pengolahan konten di website dan media sosial di salah satu perusahaan startup selama 2 tahun. Dengan daya kreativitas dan keterampilan menulis yang baik, mampu menyusun artikel, iklan, poster, dan pengumuman yang menarik menggunakan keterampilan SEO sehingga dapat meningkatkan traffic ke situs web perusahaan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *