Apa Itu Digital Marketing dan Kenapa Penting?

Apa Itu Digital Marketing dan Kenapa Penting?

Apa Itu Digital Marketing dan Kenapa Penting? – Digital marketing adalah upaya untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan koneksi internet dan teknologi digital. Artinya, digital marketing menggunakan pendekatan yang lebih modern dibanding upaya tradisional agar mendapatkan hasil yang optimal dan terukur.

Kenyataannya memang demikian. Hampir semua bisnis sudah menggunakan digital marketing. Mulai dari bisnis besar hingga bisnis kecil. Terutama bagi bisnis kecil, digital marketing sangat membantu dalam menjangkau target pemasaran yang lebih luas dengan biaya yang terjangkau.

Contohnya, dulu Anda hanya bisa melakukan promosi dengan memasang papan reklame di berbagai tempat atau iklan di TV dengan biaya mahal. Kini, dengan digital marketing, Anda bisa promosi produk lewat website, media sosial, email dan lainnya.

Secara biaya lebih murah, tapi jangkauan targetnya cukup luas. Itulah sekilas tentang digital marketing. Nah, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan digital marketing untuk memasarkan produk Anda?

Inilah beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda:

Apa Itu Digital Marketing dan Kenapa Penting?

1. Hampir Semua Bisnis Menggunakannya

Ada sebuah fakta menarik yang dirilis oleh Blue Corona bahwa hanya 1 dari 5 UKM yang belum menggunakan digital marketing. Jangan sampai itu adalah bisnis Anda, ya? Sebab, jika semua kompetitor Anda sudah menggunakan digital marketing dan mampu menjangkau pasar lebih baik, Anda akan ketinggalan. Oleh karena itu, jika bisnis Anda memang belum menggunakan strategi digital marketing, sekaranglah waktu yang tepat untuk menggunakannya. Baik untuk meningkatkan penjualan saat ini atau mengembangkan bisnis di masa mendatang, strategi ini layak Anda terapkan.

2. Biayanya Lebih Murah

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang hemat biaya. Bahkan, bisa saja gratis. Yang pasti, Anda tak perlu membeli/menyewa peralatan yang rumit ketika menggunakan digital marketing. Selain itu, tak perlu pusing memikirkan biaya tambahan seperti ongkos pengurusan perizinan pemasangan reklame. Cukup menggunakan komputer atau ponsel, Anda sudah bisa promosi melalui website atau media sosial. Jika ingin upaya yang gratis menggunakan website, Anda bisa melakukan langkah optimasi SEO agar semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda. Apabila memiliki budget khusus, Anda bisa memasang iklan di mesin pencari menggunakan strategi SEM.

Baca juga:  Aplikasi Penghasil Uang 100 Ribu Perhari Terbukti

3. Hasilnya Lebih Efektif

Anda bisa menjangkau target pemasaran dengan lebih tepat dengan digital marketing. Salah satu alasannya karena upaya digital marketing cocok dengan kebiasaan konsumen saat ini.
Di Indonesia, pengguna internet menghabiskan hampir 8 jam waktu mereka untuk online. Plus, 3 jam tiap hari untuk mengakses media sosial. Jika Anda memasarkan produk secara online, tentu akan menjangkau calon konsumen lebih mudah, langsung di gadget mereka. Selain itu, Anda bisa menjalin komunikasi dua arah dengan calon konsumen Anda, apapun platform yang digunakan. Bisa dengan berbalas komentar atau sharing dan like. Kedekatan inilah yang dapat menimbulkan kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk Anda. Faktanya, sebuah bisnis mampu meningkatkan revenue hingga lebih dari $1juta setelah secara aktif memasarkan produk dengan digital marketing.

Baca juga: Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara untuk Mencegahnya

4. Hasilnya Lebih Terukur

Sangat penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pemasaran Anda. Dan, digital marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat diukur (measurable). Setiap pelaksanaan program dimulai dari data yang dimasukkan ke dalam sistem. Mulai dari tujuan, biaya, durasi dan lainnya. Lalu, saat program tersebut berjalan, Anda bisa langsung melakukan monitoring. Dengan mencatat prosentase keberhasilan atau kegagalan suatu program, Anda bisa memutuskan apakah akan melanjutkan program tersebut atau menghentikannya. Bahkan, sebelum program tersebut berakhir.

Recommended For You

About the Author: momoyo

“Memiliki pengalaman dalam pengolahan konten di website dan media sosial di salah satu perusahaan startup selama 2 tahun. Dengan daya kreativitas dan keterampilan menulis yang baik, mampu menyusun artikel, iklan, poster, dan pengumuman yang menarik menggunakan keterampilan SEO sehingga dapat meningkatkan traffic ke situs web perusahaan.”

Leave a Reply